Penyebab Payudara Kendur : Setelah Menyusui, Kenapa Bisa?

Ukuran serta bentuk payudara bisa senantiasa terus berubah sepanjang hidup Anda, apalagi jika anda berada dalam masa kehamilan dan menyusui. Ukuran dan bentuk dari ukuran payudara anda bisa ditentukan oleh seberapa banyak jaringan lemak yang ada di dalam payudara anda. Ketika payudara anda memproduksi susu, maka jaringan lemak akan senantiasa memadat sehingga payudara akan nampak membesar. Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah mengapa payudara menjadi kendur setelah selesai menyusui atau usai memproduksi ASI? apa jawabnnya, simak penjelasan berikut ini.

penyebab payudara kendur

Yang terjadi pada payudara ibu setelah menyusui

Perlu anda ketahui bahwa payudara tidak memiliki kandungan otot sama sekali,payudara murni berupa jaringan lemak. Jadi buah dada Anda senantiasa akan melekat pada otot-otot dinding dada dengan membutuhkan bantuan pita tipis atau yang dikenal dengan ligamen Cooper. Kondisi ligamen ini tidak senantiasa kencang saat menahan beban, sehingga payudara Anda dapat ikut bergerak ketika Anda melompat maupun berlari.

Saat Anda hamil, maka ligamen serta kulit yang mendukung payudara akan senantisa meregang untuk mengikuti pertumbuhan payudara yang mana semakin penuh serta berat ketika mempersiapkan ruang untuk produksi ASI, di sisi lain, warna puting serta kulit yang ada di sekitar payudara anda akan senantiasa menggelap. Sesudah itu ketika buah hati lahir ke dunia, maka suplai darah akan meningkat ke payudara Anda dengan tujuan untuk memproduksi susu. Ketika Anda menyusui, maka payudara Anda akan menjadi lebih penuh serta lebih berat lagi, hal ini untuk menjaga persediaan susu supaya senantiasa tetap mengalir.

Segera sesudah Anda berhenti menyusui, maka struktur payudara Anda akan mulai secara bertahap mengganti dengan jaringan penghasil susu dengan jaringan lemak, hal ini memungkinkan untuk payudara kembali ke awal. Perubahan ini merupakan proses yang alami, yang memakan waktu setidaknya kurang lebih enam bulan sesudah Anda berhenti menyusui. Kondisi peregangan inilah yang memungkinkan dapat menyebabkan payudara Anda menjadi tidak sekencang dahulu. Perubahan ini akan senantisa terjadi seusai dari apakah Anda menyusui bayi Anda maupun tidak sama sekali.

Baca Ini Juga :   Cara Alami Mengencangkan Payudara Kendur

Jadi sebagai kesimpulan, bahwa menyusui menjadi penyebab payudara kendur serta menurun hanyalah mitos belaka. Perubahan payudara sesudah melahirkan lebih dipengaruhi karena faktor hormon kehamilan, bukan karena faktor menyusui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Author - February 5, 2018
Share
Share